Sabtu, 16 Juni 2018

Cara Flashing Xiaomi Mi 2/2S Fasboot Rom Via Miflash Tool

  Idedroid       Sabtu, 16 Juni 2018
www.idedroid.com | Dengan kehadiran artikel ini membahas tentang Cara Flashing Xiaomi Mi 2/2S Fasboot Rom Via Miflash Tool - Kerusakan sering kali terjadi pada smartphone terutama yang kita bahas kali ini yaitu smartphone xiaomi, ada bermacam-macam jenis kerusakan dan tentu sebagai teknisi perbaikan handphone kita suda mendeteksi apa jenis kerusakan yang sebenarnya terjadi pada smartphone tersebut, jika kerusakan pada hardware kita harus membongkar mesin dan menganalisa komponen satu persatu yang mencurigakan, namun jika kerusakan yang di alami adalah software maka kita akan melakukan flashing dengan memperbarui seluruh sistem android dengan Rom yang baru.

Permasalahan atau Kerusakan
Masalah yang seringkali terjadi pada smartphone yang berhubungan dengan software adalah: bootloop atau xiaomi yang hanya menampilkan logo "mi" , lupa pola, lupa pengaman, xiaomi yang tidak ada bahasa indonesia, munculnya pesan peringatan seperti contoh "Sayangnya com.android terhenti", beberapa fitur tidak bekerja misalnya Bluetooth dan lain sebagainya, beberapa aplikasi yang error sering terinstal secara otomatis dan sering tertutup secara otomatis dan sebagainya. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi masalah lain yang mengalami kerusakan berhubungan dengan software, masalah yang seperti inilah yang dapat diatasi dengan cara flashing.

Selain melakukan flashing sebenarnya ada pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu melakukan wipedata. Wipedata adalah mengembelikan setelan kepada setelan defaul pabrik, dengan melakukan ini kemungkinan smartphone anda dapat pulih kembali, namun melakukan wipedata adalah hanya sebatas mengembalikan ke setelan pabrik bukan memperbarui sistem atau memperbarui Rom maka kemungkinan masalah akan segera kembali lagi. Jika pertolongan pertama tak dapat dilakukan maka yang paling benar untuk memperbaiki masalah ini adalah melakukan flashing. Berikut ini cara melakukan flashing untuik Xiaomi Mi 2 atau Mi 2s yang dapat dilakukan sekaligus karena keduanya adalah sama.

Persiapkan bahan-bahan flashing
  • Komputer/PC atau Leptop
  • Kabel USB yang bagus atau jika menggunakan kabel Original akan lebih bagus
Firmware diatas adalah firmware versi Global. Apa manfaat versi Global ini? Manfaatnya adalah mendukung Bahasa Indonesia. Jika smartphone anda saat ini berbahasa china dan tidak ada terdapat pilihan bahasa Indonesai, tidak ada cara lain untuk melakukan fix bahasa pada smartphone Xiaomi anda kecuali menginstal atau flashing menggunakan firmware versi Global.

Berikut ini cara Flashing Xiaomi Mi2/2S
  1. Yang pertama sekali adalah menyiapkan bahan-bahan diatas, download filenya dan simpan dalam folder. Penting...! jangan membuat nama folder menggunakan Spasi, pastikan nama folder tidak ada spasi (Space)
  2. Extrak semua bahan-bahan yang telah didownload tadi, tetapi firmware jangan di exktrak dulu
  3. Coba perhatikan firmwarenya apakan ber-extensi akhiran .tar , .gz , atau .tgz . Firmware harus berakhiran .tgz barulah kemudian extrak firmwarenya
  4. Instal semua bahan-bahan yang telah didownload tadi
  5. Matikan Xiaomi anda lalu tekan dan tahan tombol Volume Down dan power secara bersamaan maka smartphone Xiaomi anda akan menampilkan gambar robot Fastboot.
  6. Hubungkah Xiaomin anda menggunakan kabel USB
  7. Buka Mi Flash Tool dengan cara klik kanan Run asa administrator
  8. Klik tombol Refresh maka smartphone akan terdeteksi. Jika smartphone anda tidak terdeteksi, coba lakukan menggunakan mode EDL. Baca Cara Masuk mode EDL Xiaomi
  9. Jika sudah terdeteksi, Klik Browse kemudian masukkan firmware yang tadi telah didownload
  10. Sekarang klik Flash maka proses akan berjalan
  11. Tunggu proses sampai selesai, hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit
  12. Selesai
Jika proses selesai, biasanya smartphone Xiaomi Mi2 anda akan restart secara otomatis, namun jika tidak restart cabut kabel usb lalu hidupkan xiaomi anda seperti biasanya. Pada awal pertama kali smartphone xiaomi anda nyala akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk tampil ke layar awal, anda perlu menunggunya sampai semua selesai.

Jika smartphone  xiaomi anda hanya menampilkan logo mi dalam waktu 10 menit maka yang harus anda lakukan adalah yang pertama melepas baterai kemudian tunggu 30 detik lalu pasangkembali baterai dan nyalakan kembali xiaomi anda, cara kedua melakukan wipedata.

Tak sedikit juga yang mengeluh tentang gagalnya proses flashing menggunakan Mi flashtool, ini biasanya disebabkan karena bootloader yang terkunci atau karena tidak support pada windows 32 bit, memang hal ini sering terjadi dan itu hanya beberapa bagian saja yang mengalaminya dan saya sendiri melakukannya pada windows 32 bit walaupun flashing dianjurkan menggunakan windows 64 bit. Jika gagal maka anda dapat melakukan flashing menggunakan Qfil. Baca Cara flashing Xiaomi All model menggunakan QPST/QFIL

Demikian itulah artikel tentang Cara Flashing Xiaomi Mi 2/2S Fasboot Rom Via Miflash Tool yang kami tuliskan pada www.idedroid.com semoga menjadi manfaat untuk anda, Jika ada pertanyaan bolehlah untuk menulikan pertanyaan di komentar. Wassalam...
Baca juga:
Tag
cara flash xiaomi 2013012, cara flash xiaomi redmi 2 2014817, flash redmi 2 prime ekor 11, rom fastboot xiaomi mi2s, firmware xiaomi 2013012, firmware xiaomi mi2s, fastboot rom xiaomi redmi note 2, redmi 2 prime fastboot rom, flash mi 2s, flash redmi 2, 2013012 firmware, mi 2 fastboot, cara flash xiaomi redmi 2 2014813, cara flash redmi 2 dengan miflash, redmi 2 stuck di logo mi, redmi 2 tidak bisa masuk recovery, cara mengatasi redmi note 2 bootloop tanpa pc, flash redmi 2 prime via fastboot, cara instal ulang hp xiaomi redmi 2, flash redmi 2 prime 2014813 bootloop, xiaomi redmi 2 lupa akun mi, cara membuka hp xiaomi redmi 2 yang terkunci, cara mengunci layar hp xiaomi redmi 2, lupa pola xiaomi, kodexiaomi redmi 2, cara restart hp xiaomi redmi 2 lupa sandi, xiaomi redmi 2 restart

logoblog

Thanks for reading Cara Flashing Xiaomi Mi 2/2S Fasboot Rom Via Miflash Tool

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)