Senin, 18 Juni 2018

Cara Flashing Oppo F7 CPH1821 6GB+128 MT6771

  Idedroid       Senin, 18 Juni 2018
www.idedroid.com | Assalamualaikum sahabat Ide Droid. Dengan rahmat Allah, kita masih di berikan kesempatan untuk membahas cara flashing yaitu flashing Oppo F7 dengan nomor model CPH1821. Pada artike sebelumnya sebenarnya sudah pernah kita singgung mengenai flashing Oppo F7 namun perlu diketahui bahwa meskipun memiliki nama yang sama yaitu sama-sama memiliki nama F7 namun ada perbedaan diantara keduanya yaitu pada fitur. Smartphone Oppo F7 CPH1821 ini dirilis pada maret 2018 yang dibekali operasi sistem androi 8.1 Oreo. Memiliki jenis chipset Mediatek MT6771 Helio P60, CPU Octa-core 4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G72 MP3. Memiliki ukuran layar 6.23 inci 96.9 cm2 yang ber-Resolusi 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio.

Kembali lagi kepada topik. Sebanarnya melukan flashing ada tiga cara yaitu menggunakan fitur pembaruan pada smartphone tersebut karena flashing merupakan pembaruan rom atau penginstalan rom. Melakukan flashing menggunakan fitur pembaruan akan lebih mudah dan lebih siple karena akan dilakukan secara otomatis mulai dari proses unduhan sampai dengan penginstalan. Cara kedua menggunakan sistem recover, cara kedua ini dapat dilakukan menggunakan Sd card yang dilakukannya proses melalui menurecovery, untuk melakukan cara ini dibutuhkan file firmware yang berjenis OTA dan ber-extensi .zip namun pembahasan kita pada artikel ini bukan untuk keduanya melainkan untuk cara ketiga yaitu melakukannya menggunakan komputer/pc.
➭ Baca juga: Ciri-ciri Handphone Rekondisi Barang Bekas Yang di Kemas Menjadi Baru

Manfaat Flashing Menggunakan Komputer/PC
Meskipun ada beberapa cara melakukan flashing baik itu menggunakan fitur pembaruan ataupun via Sd card namun yang paling berguna adalan flashing menggunakan komputer atau pc, mengapa demikian? Flashing menggunakan PC dapat mengatasi permasalahan smartphone yang mengalami Lupa pola, stuck logo atau biasa disebut dengan bootloop, memperbaiki smartphone yang hanya bergetar, memperbaiki smartphone yang terinfeksi virus, memperbaiki sistem android yang error dan lain sebagainya karena dengan cara ini akan membersihkan semua kerusakan software pada smartphone tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan flashing menggunakan fitur pembaruan yang hanya mampu memperbarui data. Jika melakukan flashing menggunakan Sd card atau pembaruan memang dapat memperbaiki kerusakan software namun ini hanya bersifat sementara. Berikut ini adalah bahan-bahan persiapan untuk melakukan flashing Oppo F7 CPH1821 menggunakan komputer/pc

Bahan-bahan Flashing Oppo F7 CPH1821
  • Komputer atau leptop Win32 bit / Win64 bit
  • Kabel USB, Pastikan menggunakan kabel yang bagus atau Original (recommended)

Perlu diketahui bahwa melakukan flashing dapat menghilangkan data yang tersimpan pada internal, jika memungkin smartphone untuk bisa melakukan backup sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu, namun jika smartphone dalam keadaan lock atau dalam keadaan bootloop tidak perlu melakukan ini. Pastikan sebelum flashing cek terlebih dahulu daya baterai mencukupi atau setidaknya paling sedikit 50%. Pastikan port USB ataupun konektir USB tidak ada yang rusak atau longgar.

Langkah-langkah Flashing Oppo F7 CPH1821

 Langkah 1  Siapkan bahan-bahan yang telah di sediakan, kemudian extrak semua bahan-bahan tersebut. Pada saat download firmware pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil tidak terganggu. Download menggunakan Internet Download Manager (Recommendet)

 Langkah 2  Setelah di extrak, kemudian instal Mtk Usb driver dan USB Vcom driver pada komputer anda, pastikan proses penginstalan berjalan dengan baik tanpa ada satupun yang mengalami error. Jika muncul notifikasi silahkan pilih Yes, Pasang, Accept, Izinkan atau Setujui.

 Langkah 3  Buka SP Flashtool dengan cara klik kanan Run as administrator, hal ini dilakukan agar semua sistem dapat bekerja dengan sempurna termasuk driver yang terkait

 Langkah 4  Klik Scatter loading atau Load scatter, kemudian cari dan masukkan file yang ber-extensi akhiran scatter.txt yang berada didalam folder firmware, tunggu hingga firmware tersusun dengan sempurna
Baca juga: Cara Flashing Advan S5E 4GS Via FactoryDownload Tool 100% Tested

 Langkah 5  Klik Download yang bergambar panah warna hijau, kemudian matikan smartphone Oppo anda lalu tekan dan tahan Volume Up sambil menghubungkan smartphone ke komputer atau leptop menggunakan kabel USB, jika sudah terhubung maka proses flashing akan berjalan secara otomatis. Silahkan tunggu proses sampai selesai.

 Langkah 6  Selesai.. Jika proses flashing berhasil akan ditandai dengan munculnya notifikasi Download OK berwarna hijau

Setelah proses flashing selesai, smartphone anda akan restart secara otomatis, jika tidak anda dapat mencabut kabel USB dan kemudian menghidupkannya secara manual dengan menekan tombol power. Pada saat pertama kali smartphone anda nyala setelah flashing akan membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit.
Catatan:
Jika terjadi "brom error" saat flashing, lihat pada kolom Download only, ganti Download only menjadi Format All + download atau Firmware update kemudian ulangi lakukan flashing. Jika smartphone tidak terdeteksi, coba restart komputer anda kemudian lakukan flashing.
Demikian cara flashing Oppo F7 CPH1821 yang kami tulis pada artikel ini. Semoga dapat bermanfaat. Catatan tambahan, jika berbagai cara dilakukan namun tetap error silahkan ganti firmware dengan versi yang berbeda, atau download ulang firmware karena jika koneksi tidak stabil dapat membuat file firmware corrupt yang dapat menyebabkan gagalnya flashing. Terima kasih telah berkunjung. Wassalam...
Baca juga:
➭ Cara Flashing Vivo Y53 PD1628F Qualcomm via QPST/QFIL Tool
➭ Cara Fix Imei null Samsung J1 Ace SM-J110G/DS
Tag
cara flash oppo f7, cara flash oppo f7 2018, cara flash oppo f7 2019, cph18121, frp oppo f7, harga oppo f7, oppo f7 plus, bahan oppo f7, firmware oppo f7 cph1819, model oppo f7, oppo r15, cara flash oppo f7 bootloop, cara flash oppo f7 cph1821, cara flash oppo f7 cph1821 lupa pola, firmware oppo f7, cara flash oppo f7 mentok logo, frp oppo f7, cara instal ulang oppo f7 cph1821, cara reboot oppo f7, wipedata oppo f7, cara restart oppo f7, stuck logo, hanya getar,

logoblog

Thanks for reading Cara Flashing Oppo F7 CPH1821 6GB+128 MT6771

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Slm..gan...knapa ya masa ditekan tombol vol up sambil dicolok usb kok kluar logo charging?? Sama kalo ditekan vol bawah sama dicolokin usbnya malah kemasukan mode recovery..apa perlu dilepaskan dulu baterainya gan baru bisa diflashing?? Tspi kn baterinya non removable gimana dong mau lepasnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om.. Harus lepas baterai. Silahkan buka tutup belakang dengan hati-hati.

      Hapus
    2. oppo f7 gimana melepas batrenya

      Hapus
    3. TUTUP belakangnya di lepas karena harus melakukan test pon untuk bisa terdeteksi. baut nya penutup flexibel baterai juga dilepas. Itulah sebabnya saya sarankan untuk hati-hati karena hanya tukang service yang berpengalam yang bisa melepas baterai smartphone type baterai non-removable

      Hapus

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)