Kamis, 14 Juni 2018

Cara Flashing Asus Zenfone 5 T00J/T00F Tested

  Idedroid       Kamis, 14 Juni 2018
www.idedroid.com | Cara Flashing Asus Zenfone 5 T00J/T00F - Assalamualaikum sahabat Ide Droid, kali ini kita akan flashing Asus Zenfone 5 dengan nomor model T00J/T00F, ada dua nomor model tetapi keduanya adalah sama. Biasanya smartphone yang akan di flashing ini smartphone Asus yang mengalami bootloop atau hanya menampilkan logo Asus saja pada layar smartphone, keadaan seperti inilah yang disebut dengan bootloop. Smartphone yang mengalami keadaan seperti ini biasanya terjadi karena gagal flashing, biasanya terjadi setelah anda melakukan wipedata atau menyetel ulang pengaturan smartphone kepada setelan pabrikan, mengalami gagal root, terkena virus dan mengalami kerusakan sistem android dan kemungkinan masih banyak lagi hal-hal yang membuat smartphone anda stuk di logo atau bootloop. Jika memeang smartphone anda mengalami hal ini tentusaja dapat diperbaiki dengan melakukan flashing yang bermaksud untuk memperbarui data-data pada smartphone dan jika melakukan ini akan menghapus semua data yang tersimpan dan akan terisi dengan data yang baru, maka apabila anda memiliki data penting pada smartphone tentu akan hilang kecuali jika anda menyimpannya pada external atau Sdcard yang dapat di lepas.

Flashing
Selain itu flashing ini dapat dilakukan ketika smartphone anda hanya menampilkan logo USB saja. Sama halnya seperti bootloop yang menampilkan logo Asus dengan bootloop yang hanya menampilkan logo USB pada smartphone Asus Zenfone 5 anda. Tak hanya Asus Zenfone 5 saja namun hal ini bisa saja terjadi pada smartphone lainnya.

Selain permasalahan bootloop seperti yang disebutkan diatas, flashing juga dapat mengatasi ketika smartphone anda mengalami masalah lupa pola atau pengaman. Anda sebagai pengguna smartphone pasti membuat pengaman agar tidak di buka oleh orang lain kecuali dengan izin dari anda. Ya.. hal ini memang biasa dilakukan pada pengguna smartphone demi mengamankan data-data pribadi, namun terkadang pengguna itu sendiri tidak pernah berfikir bahwa suatu saat ia akan lupa pada pola yang dibuatnya sendiri. Sedikit tips dari saya, saya sarankan selain smartphone menjadi barang pribadi, buatlah sebuah buku pribadi. Ketika anda lupa pola maka anda dapat membuka kembali buku pribadi anda yang mana didalamnya sudah ada pola yang sebelumnya anda catat dalam catatan pribadi tersebut. Sebelum melakukan flashing, persiapkan terlebih dahulu bahan yang harus digunakan

Bahan-bahan yang digunakan:
  • Komputer atau leptop
  • Kabel USB (Pastikan menggunakan kabel USB yang bagus)
Cara download firmware. Setelah berada di halaman Zenfone_A500CG pilih BIOS & FIRMWARE kemudian klik tombol   DOWNLOAD   warna biru disebelah kanan.

Bahan-bahan diatas berfungsi untuk melakukan flash ulang smartphone Asus Zenfone 5. Tanpa bahan-bahan itu anda tidak dapat melakukannya. Adapun cara flashing tanpa menggunakan komputer atau leptop yaitu menggunakan Sdcard tetapi hal itu dilakukan tergantung pasa smartphone itu sendiri. 
Melakukan flashing menggunakan Sdcard smartphone Asus anda harus ada pilihan Apply update from external storage yang ada pada menu Recovery, jika pilihan ini ada maka anda dapat melakukannya tanpa komputer atau leptop, namun jiga pilihan ini tidak ada maka anda harus melakukan flasing menggunakan Komputer atau leptop seperti yang kita bahas pada artikel ini. Berikut ini adalah langkahnya.

Langkah-langkah flashing via ADB
  1. Siapkan bahan-bahan diatas, download dan tempatkan dalam satu folder agar memudahkan anda mencari file hasil downloadnya
  2. Extrak semua file yang telah didownload tadi
  3. Khusus untuk firmware, pastikan setelah di extrak firmware menghasilkan hanya satu file .zip saja didalam folder. Jika setelah di extrak malah menghasilkan beberapa file dan folder termasuk folder system berarti file yang tadi tidak perlu di extrak. biarkan file firmware berbentuk zip
  4. Instal semua driver yang telah didownload
  5. Ganti file firmware menjadi "update.zip". Misalnya "UL-ASUS_T00F-TW-2.22.40.540-user.zip" ganti nama menjadi "update.zip"
  6. Copy file firmware "update.zip"nya dan pastekan kedalam folder Adb yang tadi telah di instal.
  7. Sekarang matikan smartphone Asus anda kemudian tekan dan tahan Volume Up dan Power secara bersamaan, setelah layar menyala lepaskan tombol power tetapi volume tetap ditahan maka akan masuk ke menu Fastboot Recovery. Pada menu Fastboot pilih Recoverry maka smartphone akan reboot dan masuk ke menu Recovery secara otomatis. Setelah tampil gambar Robot tetapi tidak ada pilihan apa-apa, tekan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan kemudian lepaskan dan tekan lagi, ulangi sampai muncul menu pilihan.
  8. Setelah tampil pilihan, Pilih "Apply update from Adb" kemudian hubungkan Asus anda ke komputer atau leptop menggunakan kabel USB
  9. Sekarang masuk kedalam folder adb, tekan keyboard SHIFT sambil klik kana pada halaman yang kosong > pilih open command window here maka jendela CMD Adb akan terbuka
  10. Pada jendela CMD ketik tulisan adb devices kemudian enter maka akan muncul keterangan tentang device Asus anda yang terhubung. Kemudian ketik lagi adb sideload update.zip kemudian tekan enter maka proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  11. Sekarang tunggu proses flash sampai selesai, jika selesai akan muncul tulisan Install from ADB completed berarti flashing sudah selesai
  12. Sekarang lihat pada layar smartphone Asus anda ada tulisan Reboot system now, pilihlah itu maka smartphone anda akan reboot dan normal kembali
Setelah selesai flashing maka smartphone akan hidup kembali namun untuk pertama kali smartphone Asus anda menyala akan membutuhkan waktu yang agak lama karena smartphone Asus anda sedang menyususn data-data rom yang baru.
Jika anda gagal melakukan flashing atau pada jendela CMD anda menampilkan error atau not port detected itu berarti smartphone anda tidak terdeteksi pada komputer anda. Seperti biasanya saya mengalami hal ini yang mana biasanya terjadi masalah pada flexibel smartphone Asus tersebut atau masalah terjadi pada konektor USB. Jika hal ini terjadi, periksalah USB anda, periksa konektor USB dan periksa flexibel atau jalur usb karena melakukan flashing harus terhubung melalui USB.

Jika gagal flashing saat pertengahan proses flashing maka solusinya ganti file firmware karena biasanya masalah ini terjadi disebabkan firmware yang mengalami corrupt atau download firmware tidak komplit yang disebabkan gangguan jaringan internet saat download firmware.

Demikianlah Adrikel ini saya tuliskan pada www.idedroid.com semoga dapat membantu anda mengatasi masalah seperti yang disebutkan diatas. Semoga artikel ini menjadi manfaat untuk semua. Jika ada pertanyaan tinggalkan saja komentar dibawah.
Baca juga:
#Tag
cara flash asus zenfone 5 via adb fastboot, flash asus zenfone 5 via fastboot, cara flash asus zenfone 5 t00f via adb, cara flash via adb fastboot, adb fastboot tool zenfone 5 download, adb fastboot zenfone 5, cara flash asus zenfone 5 via sd card, flash asus zenfone 5 via flashtool, asus t00j gsmarena, asus t00j ram 1gb, asus t00j spec, asus t00j firmware, asus t00j bootloop, asus zenfone 5 t00j bootloop, asus zenfone 5 t00j t00f lupa pola, asus zenfone 5 t00f t00j mentok logo, skema asus t00j

logoblog

Thanks for reading Cara Flashing Asus Zenfone 5 T00J/T00F Tested

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)