Sabtu, 19 Mei 2018

Cara flashing Advan S5J via DFU Tool

  Idedroid       Sabtu, 19 Mei 2018
www.idedroid.com | Cara flashing advan s5j via dfu - adalah melakukan flashing adroid Advan model S5J menggunakan sebuah Tool khusus yaitu DFU Tool. Smartphone Advan S5J yang mengalami kerusakan pada software tentu saja diharuskan untuk melakukan flashing menggunakan Tool dan Firmware/StockRom yang sesuai dengan perangkat tersebut. Jika sahabat Ide Droid sudah terbiasa melakukan flashing tentu saja hal ini sudah tidak asing lagi di telinga anda. Advan S5J adalah smartphone yang mungil dan banyak disukai penggunanya. Setiap perangkat yang kita gunakan tentusaja cepat atau lambat pada akhirnya akan mengalami kerusakan. Terkadang kerusakan itu disebabkan oleh pengguna smartphone itu sendiri seperti lupa pola, terjatuh, terbentur, terkena air dan lain sebagainya.

Flashing Advan S5J
Ketika smartphone yang kita gunakan mengalami kerusakan maka yang kita perhatikan terlebih dahulu adalah kondisi motherboard. Anda dapat melakukan analisa pertama menggunakan power supply untuk mengetahui respon dari motherboard itu apakah mengalami kerusakan pada software atau hardware.

Jika smartphone anda hank atau mati total tanpa sebab, maksud saya tanpa terbentur, terjatuh, terkena air atau terbakar maka bisa dipastikan kerusakan pada system yaitu kerusakan pada software. Beda halnya dengan terjatuh, terkena air, terbakar dan terbentur. Apabila smartphone Advan S5J anda mengalami kerusakan pada software maka kita akan bahas tata cara melakukan flashing Advan S5J yang baik dan benar. Pada artikel ini www.idedroid.com akan memberikan kepada anda panduan cara flashing advan S5J menggunakan Tool yang disebut dengan nama DFU Tool.

Langkah pertama sebelum melakukan flashing
Seperti yang telah www.idedroid.com sampaikan sebelumnya bahwa melakukan flashing akan menghilangkan data-data yang tersimpan pada memori telepon anda dan oleh sebab itu saya sarankan untuk melakukan backup data-data penting seperti poto, video, catatan dan lain-lain yang mungkin anda anggap penting saja.

Sebelum melakukan flashing ada baiknya untuk melakukan langkah pertama memperbaiki smartphone anda denga melakukan wipedata senggunakan kombinasi tombol. Biasanya dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan hingga masuk ke mode recovery. Kemudian pilih Wipe data/factoryreset lalu pilih delete all maka secara otomatis smartphone akan melakukan penghapusan data yang menjadikan smartphone tersebut kembali kesetelan defaul. Apabila cara ini tidak berhasil diterapkan maka mari kita lanjut ke tahap flashing.

Bahan-bahan
  • PC/Leptop beserta dengan kabel USB Original

Setelah berhasil mengunduh file diatas sekarang saya akan beritahukan apa saya kerusakan Advan S5J yang membuat smartphone tersebut harus diflashing. Berikut ini adalah beberapa permasalahan pada Advan S5J yang mengharuskan untuk dilakukannya flashing atau program ulang
Baca juga: Cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool

Permasalahan pada Advan S5J
- Bootloop (Berhenti hanya dilogo saja saat booting)
- Lupa pola atau pengaman
- Aplikasi tiba-tiba berhenti atau sebaliknya aplikasi tiba-tiba ter-instal
- Munculnya pemberitahuan "Sayangnya com.blablabla telah berhenti"
- Hanya getar
- Terlalu berat untuk dijalankan
- Error dan lain-lain yang berhubungan dengan system.
Jika perangkat anda mengalami masalah seperti diatas maka hal yang pasti dilakukan untuk memperbaikinya adalah melakukan flashing menggunakan firmware yang baru, karena firmware baru akan membuat smartphone anda mengulangi dari awal baik itu setelan, tema, aplikasi dan lain-lain. Sekarang bersiaplah untuk melakukan tahap selanjutnya yaitu tahap-tahap melakukan flashing.

Langkah-langkah flashing

  • Pastikan daya batre Advan S5J cukup untuk melakukan flashing, 50% (Recommended)
  • Download bahan-bahan yang telah saya sediakan diatas dan letakkan dalam satu folder supaya anda tidak kesusahan mencarinya
  • File yang anda download berjenis .rar atau .zip maka anda harus extrak file tersebut
  • Sekarang instal driver di PC/Leptop anda, ini berfungsi supaya PC/Leptop anda dapat mengenali perangkat smartphone anda
  • Kemudian Buka DFU Tool dengan cara klik kanan Run as administrator maka perangkat lunak DFU Tool akan terbuka
  • Selanjutnya klik Browser kemudian cari file images yang ada didalam folder firmware, setelah ketemu klik pada file images lalu klik Buka. 
  • Setelah melakukan tahap diatas maka firmware akan tersusun pada DFU Tool, sekarang klik Download yang berlogo petir warna merah dibagian pojok kiri atas maka akan tampil pop-up pertanda untuk memulainya proses flashing.
  • Sekarang klik Star kemudian matikan Advan S5J anda tunggu 10 detik
  • Sekarang tekan dan tahan tombol Volume Up dan Volume Down bersamaan dengan menyambungkan nya ke PC/Leptop menggunakan kabel USB
  • Sekarang proses flashing telah berjalan silahkan tunggu hingga proses flashing berhasil penuh.
  • Sekarang proses flashing telah selesai yaitu ditandai dengan munculnya pemberitahuan "Device download completed!"

Biasanya setelah melakukan proses flashing android Advan S5J akan melakukan booting yang lama karena masuk nya system yang baru sedang sibuk menyusun data-data pada internal smartphone tersebut mohon bersabar untuk menunggunya.

Catatan: 
Apabila proses flashing mengalami kegagalan periksa berikut ini:
  1. Priksa kabel USB
  2. Periksa driver pastikan sudah terinstal dengan baik
  3. Periksa Tombol Volume pastikan bekerja dengan baik
  4. Ganti DFU Tool dengan versi yang lain
  5. Ganti Firmware/StockRom dengan versi yang lain
Baca juga: Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS via QGDP Tool
Jika setelah flashing Advan S5J anda mengalami bootloop yaitu hanya berhenti dilogo maka lakukan wipedata/factory reset. Jika setelah flashing sinyal tidak muncul silahkan perikna imei dengan cara dial *#06# maka akan muncul status imei karena jika imei invalid atau hilang smartphone anda tidak dapat terhubung ke internet namun hal ini jarang terjadi.

Demikianlah artikel ini yang membahas persoalan mengenai Cara flashing Advan S5J via DFU Tool yang sengaja kami tulis untuk membantu anda menangan kerusakan pada smartphone Advan S5J yang mengharuskan untuk melakukan flashing. Semoga apa yanag www.idedroid.com sajikan menjadi sangat bermanfaat untuk anda dan kita semua. Jangan lupa untuk mendukung situs kemi dengan berlangganan. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Wassalam....
logoblog

Thanks for reading Cara flashing Advan S5J via DFU Tool

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)