Sabtu, 19 Mei 2018

Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS via QGDP Tool

  Idedroid       Sabtu, 19 Mei 2018
www.idedroid.com | Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara melakukan flashing pada smartphone Advan. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa kita akan membahas bagaimana cara flashing android yang lainnya. Yuups... kali ini www.idedroid.com masih membahas mengenai smartphone Advan. Taukah anda bahwa setiap smartphone memiliki chipset yang berbeda-beda meskipun memiliki merek dan perusahaan yang sama tetapi bukan berarti motherboard yang dimilikinya juga sama. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara flashing dua unit smartphone sekaligus yaitu smartphone Advan S5E 4G dan S5E 4GS.

Keduanya kita bahas karena mereka memang memiliki chipset yang sama dan perbedaannya hanya sedikit dari spesifikasinya saja. Smerphone ini sangat banyak diminati karena desainnya yang bagus dan harga yang terjangkau sehingga banyak sekali penggemar smartphone Advan ini. Advan S5E 4G ini sudah didukung oleh koneksi 4G LTE sehingga memudahkan penggunanya melakukan aktivitas di jaringan sosial. Memperbaiki smartphone Advan S5E 4G dan S5E 4GS dilakukan menggunakan tool yang sama yaitu QGDP Tool hanya firmware atau stock rom nya saja yang berbeda. Firmware adalah rom android yang dikhususkan untuk smartphone itu sendiri yang bersifat pribadi. Artinya, firmware khusus Advan S5E 4G hanya bisa dugunakan untuk smartphone S5E 4G itu sendiri dan tidak dapat digunakan untuk S5E 4GS karena system nya yang berbeda.
Advan S5E 4GS

Mengenai flashing
Sebelum kita memulai melakukan flashing pada smartphone tersebut saya rekomendasikan anda terlebih dahulu melakukan backup. Flashing dapat menghilangkan data-data yang tersimpan pada memori telepon karena setelah flashing maka android akan kembali ke setelan awal atau setelan pabrik. Jenis file yang harus anda backup adalah jenis file seperti poto, video, musik, catatan dan lain-lain yang anda anggap penting saja. Apabila smartphone Advan S5E 4G dan S5E 4GS anda dalam keadaan bootloop (mentok logo) anda tidak perlu melakukan backup karena memang smartphone yang mengalami hal ini tidak dapat dibackup. Berikut ini adalah kerusakan-kerusakan android yang diharuskan anda melakukan flashing.

Memperbaiki kerusakan sebagaiberikut:
- Bootloop (Hanya tampilan logo)
- Lupa pola
- Aplikasi sering berhenti otomatis
- Aplikasi sering terinstal secara otomatis
- Kinerja android terasa berat
- System error atau sebagian aplikasi tidak berfungsi
- Dan lain-lain yang berhubungan dengan software termasuk pembaruan perangkat lunak

Apabila smartphone Advan S5E anda mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas maka anda dapat memperbaikinya dengan cara melakukan flashing. Kerusakan yang disebutkan diatas adalah kerusakan pada software android itu sendiri sehingga mengharuskan anda untuk mngganti rom dengan rom yang baru supaya kembali normal. Setelah anda membaca penjelasan diatas dan memahami maka selanjutnya kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya melakukan flashing. Langkah pertama anda harus periapkan bahan-bahan dibawah ini.

Bahan-bahan untuk melakukan flashing:
Catatan: Download file penting menggunakan IDM Internet download manager (Rekomendasi).
Setekah anda selesai mengunduh file dan menyiapkan bahan-bahan seperti yang disediakan diatas maka anda telah siap untuk melakukan flashing pada smartphone Advan S5E 4G dan S5E 4GS anda. Silahkan ikuti panduan flashing sesuai dengan yang tertulis dibawah ini. Perlu diketahui jika anda salah melakukan flashing atau tidak sesuai dengan panduan yang kami terapkan bisa saja hasilnya juga tidak sesuai dengan harapan. Segala bentuk kerusakan terkait situs ini adalah diluar tanggungjawab kami oleh sebab itu lakukanlah flashing dengan hati dan jangan tergesah-gesah.

Baca juga: Cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool

Cara melakukan flashing
  • Setelah anda download file diatas maka tempatkan hasil download dalam satu folder agar tidak berantakan kemudian extrak menggunakan WinRar
  • Aktifkan koneksi internet
  • Selanjutnya melakukan penginstalan QGDP Tool yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Setelah selesai menginstal QGDP Tool biasanya muncul shorcut secara otomatis. Apabila tidak muncul silahkan buka QGDO Tool nya di C:\OEMXZGJ\QGDP_LE_OEM_SMT atau di C:\360OS_DLTOOLS\QGDP_Assembly
  • Ketika anda membuka QGDP Tool akan muncul tampilan seperti ini 
    Klik Merah (masukkan angka 369 atau ase)
    Klik Biru (untuk merubah bahasa)
    Klik Hijau (untuk masuk dan melanjutkan)
  • Kemudian akan tampil seperti Gambar ini 
    Klik angka 1 (Configurasi)
    Klik angka 2 (Load atau cari firmware ber-extensi.CPB)
    Klik angka 3 (Klik firmware PCB)
    Klik angka 4 (Klik buka) Kemudian klik tombol Apply
  • Setelah firmware ter-extrak dengan sempurna selanjutnya klik tombol Start
  • Sekarang matikan smartphone kemudian tekan dan tahan volume Up sambil mengubungkan smartphone ke PC/Leptop menggunakan kabel USB maka proses akan berjalan secara otomatis
  • Tunggu proses flashing berjalan sampai selesai, biasanya menghabiskan waktu beberapa menit saja
  • Apabila proses selesai akan ditandai dengan logo centang berwarna hijau
Setelah berhasil melakukan flashing smartphone akan re-boot otomatis, apabila tidak re-boot otomatis anda dapat melakukannya seperti biasa yaitu menekan tombol power. Smartphone anda akan menyala dalam waktu yang agak lama karena ini merupakan tampilan awal smartphone anda menggunakan Rom yang baru.

Catatan: Apabila proses gagal silahkan periksa driver dan coba untuk mengganti firmware dengan fersi yang lain
Baca juga: Cara Flashing menggunakan SP Flash Tool

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS via QGDP Tool kali ini yang Ide Droid sajikan semoga membantu dan menjadi manfaat untuk anda dan kita semua. Jangan lupa subscribe untuk berlangganan dan share jika menurut anda artikel ini bermanfaat. Wassalam....
logoblog

Thanks for reading Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS via QGDP Tool

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)